CIOKO 2017

0 Comments


Hari ini Warga keturunan China di Cibinong, Kabupaten Bogor kembali melaksanakan ritual sembahyang Cioko. Upacara sembahyang di pusatkan di kelenteng Hok Tek Bio, Cibinong. Acara dilaksanakan tiap tanggal 15 bulan 7 (Cit Gwee Cap Go) atau jatuh pada tanggal 8 Agustus 2011, pada tahun ini. Cioko atau Ulambama sering disebut juga Hari Raya Setan (Ghost Festival) atau masyarakat mengenalnya sebagai Sembahyang Rebutan.
Menurut seorang pengurus kelenteng, Cioko Sendiri merupakan upacara penghormatan kepada arwah para leluhur. Dalam kepercayaan Tionghoa, pada tanggal tersebut, gerbang akherat dibuka lebar-lebar. Arwah-arwah yang mati secara tidak wajar dapat meminta pertolongan kepada saudara-saudaranya yang masih hidup. Versi lain menyatakan pada tangal tersebut gerbang neraka dibuka dan setan-setan pun turun kebumi.Manusia yang masih hidup berusaha memberi makan mahluk-mahluk halus (setan) tersebut supaya tidak mengganggu arwah leluhur dan orang tua mereka yang sudah meninggal.
Biasanya Sebuah panggungdengan tinggi kurang lebih 3 meter didirikan dihalamankelenteng. Diatasnya disajikan berbagai macam bahan makanan yang nantinya akan di perebutkan. Terdiri dari beras,mie instan dan buah-buahan. Namun tahun ini acara tersebut ditiadakan. Acara rebutan Cuma dilakukan secara simbolis saja diatas meja.


You may also like

No comments: